Thursday, April 5, 2018

Solusi Masalah NginX: 413 Request Entity Too Large Error

Seven - Apakah Anda pernah mengalami error '413 Request Entity Too Large Error' pada NginX ketika mencoba upload file yang berukuran besar?



Error '413 Request Entity Too Large Error'  pada NginX muncul dikarenakan ukuran file yang diupload melebihi batas maksimal default 'client_max_body_size' pada web server NginX, yaitu sebesar 1 MB.

Instruksi client_max_body_size menetapkan ukuran maksimal permintaan klien yang diterima, ditunjukkan oleh baris 'Content-Length' pada header permintaan. Jika ukurannya melebihi dari batas yang sudah ditentukan, maka klien akan mendapatkan error '413 Request Entity Too Large'.

Solusi Mengatasi Error '413 Request Entity Too Large Error'


Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengubah konfigurasi NginX dan menyesuaikan client_max_body_size sesuai dengan kebutuhan. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama login sebagai root ke server Anda (Saya menggunakan OS Ubuntu) lalu edit file 'nginx.conf' menggunakan teks editor (saya menggunakan nano)
# nano /etc/nginx/nginx.conf
Kemudian pada bagian http atau server atau location (sesuaikan dengan kebutuhan) tambahkan baris berikut ini untuk menambah batasan pada nginx.conf:
# setting client_max_body_size ke 5M#
client_max_body_size 5M;



Simpan file dan tutup teks editor serta reload web server NginX:
nginx -s reload 
atau
service nginx reload
atau
/etc/init.d/nginx reload
 NB: Sesuaikan client_max_body_size dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun. Terimakasih
EmoticonEmoticon