Thursday, April 5, 2018

Fungsi Header PHP

Seven - Fungsi header() pada bahasa pemrogramman PHP berfungsi untuk mengirim data mentah header HTTP.

Ingat! Fungsi header() harus dipanggil sebelum keluaran lainnya dikirim, baik itu hanya baris kosong dalam berkas, tag HTML biasa atau dari PHP. Dan ini adalah kesalahan yang sangat umum terjadi pada kode dengan fungi include atau require, function atau fungsi akses berkas lainnya. Lihat >> PHP: header - Manual untuk informasi lebih lanjut.

Contoh:



Contoh diatas akan menghasilkan error karena ada tag HTML yang dipanggil sebelum fungsi header().

Parameter:


string

Ada 2 kasus khusus pemanggilan header.

Pertama adalah sebuah header yang dimulai dengan string "HTTP/" (kasus ini tidak begitu signifikan), yang akan digunakan untuk mencari tahu kode status HTTP untuk dikirim. Contoh:



Kode diatas digunakan untuk menangani request berkas yang tidak ada/tidak ditemukan dan akan mengirimkan kode status HTTP 404.

Kedua adalah header "Location:". Tidak hanya mengirim header ini kembali ke browser, tapi juga mengembalikan kode status REDIRECT (302) ke browser terkecuali jika kode status 201 atau 3xx sudah diset sebelumnya.



Kode diatas akan mengirimkan kode status REDIRECT (302) ke browser dan akan di redirect ke https://www.seven.web.id/.

replace

Parameter replace mengindikasikan apakah header yang dikirim harus mengganti header serupa yang sudah dikirim sebelumnya, atau menambahkan header kedua dari tipe yang sama. Secara default akan menggantikan header yang sebelumnya, tapi jika menambahkan FALSE sebagai argumen kedua maka dapat memaksa beberapa header dengan tipe yang sama.

Contoh:

http_response_code

Memaksa kode respon HTTP ke nilai yang ditentukan. Perhatian! Parameter ini hanya akan memiliki efek jika string tidak kosong.

Referensi:

http://php.net/manual/en/function.header.php

https://docs.microsoft.com/en-us/dotnet/framework/wcf/feature-details/understanding-http-authentication

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun. Terimakasih
EmoticonEmoticon