Wednesday, January 17, 2018

Membuat Halaman Sitemap Di Blogspot

Seven - Halo sobat semua, pada postingan kali ini saya akan berbagi cara Membuat Halaman Sitemap Di Blogspot.
Sitemap bila di alih bahasa ke bahasa Indonesia menjadi peta situs. Atau lebih mudahnya sitemap merupakan daftar isi blog.

Sitemap dibuat bertujuan untuk memudahkan pengunjung blog untuk melihat isi dari blog kita. Sama seperti dengan buku, kita bisa memiliki sedikit gambaran dari melihat daftar isinya, nah jika pada situs/blog adalah dengan melihat sitemap/peta situs maka pengunjung bisa memiliki sedikit gambaran tentang isi blog kita.

Mari mulai...
Pertama, setelah sobat login di dasbor blogger, masuk ke menu 'Halaman' dan buatlah halaman baru. Kenapa kita membuat sitemap pada halaman bukan posting? Karena jika kita membuat sitemap pada posting maka sitemap akan muncul sebagai artikel baru. Maka supaya tidak menjadi postingan artikel baru maka kita buat pada halaman baru.

Kedua, setelah tampil halaman editing halaman baru buat judul halaman baru untuk sitemap blog kita. Misalnya kita isi judul dengan 'Sitemap' buat judul yang simple dan bisa menunjukkan bahwa halaman tersebut halaman sitemap dan judul halaman tersebut akan membentuk url halaman sitemap blog kita.

Ketiga, pada menu pilih HTML bukan Compose karena kita akan memasukkan kode javascript kemudian copy + paste kode dibawah pada kolom editor.
* cari url-blog.blogspot.com kemudian ganti dengan url blog sobat.
Kemudian publikasikan halam baru yang kita buat. Selanjutnya sobat bisa menambahkan menu sitemap pada menu di blog dengan mengarahkan ke url sitemap yang kita buat tadi supaya mudah diakses oleh pengunjung.

Mudahkan membuat sitemap untuk blog kita?
Semoga artikel cara Membuat Halaman Sitemap Di Blogspot bermanfaat bagi sobat semua.
Happy blogging!

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun. Terimakasih
EmoticonEmoticon