Senin, 17 Juli 2017

Mengamankan MariaDB Server

Seven - Setelah anda menginstall MariaDB Server, hal yang direkomendasikan bahkan wajib dilakukan adalah mengamankan MariaDB Server Anda. Terutama jika digunakan dalam lingkungan produksi. Mengamankan server database MariaDB sangat mudah dilakukan. Dalam kasus saya, saya menggunakan OS Ubuntu Server. Untuk OS lainnya silahkan menyesuaikan.

Berikut langkah-langkah mengamankan server database MariaDB:

  1. Buka Terminal lalu jalankan perintah berikut "sudo mysql_secure_installation". (tanpa tanda kutip)
  2. Anda akan diminta memasukkan password root saat ini untuk melanjutkan. Tekan tombol enter jika tidak ada.
  3. Langkah selanjutnya Anda akan ditanya apakah Anda akan mengubah password root atau tidak. Ketik "Y" (tanpa tanda kutip) lalu enter untuk mengganti password root atau ketik "n" lalu enter untuk melewatinya tanpa mengganti password root.
  4. Selanjutnya adalah menghapus pengguna anonim. Ketik "Y" (tanpa tanda kutip) lalu enter untuk menghapus pengguna anonim atau ketik "n" lalu enter untuk tidak menghapus pengguna anonim. Sangat direkomendasikan untuk menghapus pengguna anonim!
  5. Pada langkah ini Anda akan ditanya untuk melarang pengguna root login ke server database MariaDB secara remot. Ketik "Y" (tanpa tanda kutip) lalu enter untuk melarang user root login via secara remot atau ketik "n" lalu enter untuk mengijinkan pengguna root login secara remot. Sangat direkomendasikan untuk melarang pengguna root login secara remot!
  6. Langkah selanjutnya adalah menghapus database "test" beserta hak akses ke database "test". Secara default ketika menginstall MariaDB database bernama "test" juga akan dibuat dan semua pengguna dapat mengaksesnya. Ketik "Y" (tanpa tanda kutip) lalu enter untuk menghapus database "test" beserta hak akses ke database "test". Sangat direkomendasikan untuk menghapus database "test", terutama jika digunakan dalam lingkungan produksi.
  7. Selanjutnya adalah memuat ulang tabel hak akses untuk memastikan perubahan yang dilakukan akan langsung diterapkan. Ketik "Y" (tanpa tanda kutip) lalu enter untuk memuat ulang tabel hak akses.
Berikut gambar langkah-langkah mengamankan server database MariaDB:

Securing MariaDB Installation.


Tentunya langkah-langkah diatas belum sepenuhnya membuat server database MariaDB Anda aman, diperlukan pemahaman pengetahuan lebih lanjut tentang keamanan cyber/cyber security Anda bisa berkonsultasi dengan ahli IT yang Anda percaya untuk melakukannya. Semoga bermanfaat.